penjelasan shutter speed, aperture dan ISO dengan singkat dan jelas

Halo fotografer, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu mengenai fotografi yaitu tentang tri exposure. Tri exposure adalah suatu hal yang penting dalam fotografi, terutama untuk menciptakan karya foto yang mengagumkan. Tri exposure ini terdiri dari 3 komponen yang saling keterkaitan yaitu shutter speed, Aperture, dan ISO. Apabila ketiga hal ini dikombinasikan dengan sempurna maka akan menghasilkan berbagai jenis foto seperti panning, long exposure, backlight, bokeh dan lain sebagainya.
Langsung saja saya akan menjelaskan satu-persatu ketiga komponen tersebut secara jelas dan singkat.
1.       Shutter Speed
Shutter speed pada dasarnya adalah komponen yang digunakan  untuk men-setting cepat atau lambatnya kamera kamu dalam membuka/menutup, shutter yang menutup itu adalah untuk mengambil gambar.  Shutter speed mempengaruhi banyaknya bayangan atau motion blur, semakin tinggi shutter speednya maka semakin sedikit motion blur yang didapat dan semakin rendah shutter speednya maka semakin banyak motion blurnya. Berikut iluatrasi dari shutter speed


Shutter speed
                Shutter speed ini juga mempengaruhi cerah dan gelapnya suatu hasil foto. Semakin banyak shutter speed yang dipasang maka semakin gelap foto yang dihasilkan, sebaliknya jika memasang shutter speed yang rendah maka akan terang hasil fotonya.
2.       Aperture
Aperture adalah seberapa lebar atau sempirnya lensa kamu untuk menerima cahaya. Pada dasarnya semakin kecil angka aperturenya maka semakin lebar lensanya dan semakin banyak cahayanya, semakin besar angkanya maka semakin kecil  lubang lensanya dan semakin sedikit cahayanya.

Angka aperture
Aperture juga dapat mempengarui depth of field(blur), semakin rendah angkanya maka semakin banyak mendapatkan blur pada background gambar, dan gunakan aperture tinggi jika menginginkan hasil gambar yang fokus tanpa ada blur.


Ilustrasi gambar setting aperture
3.       ISO
ISO(Sensitivity of Sensor) adalah seberapa sensitifnya kamera kamu dalam menerima cahaya. Semakin kecil ISO nya maka semakin gelap fotonya dan semakin besar ISOnya maka semakin terang cahayanya. Namun banyak fotografer professional menyarankan untuk tidak menggunakan ISO yang tinggi walaupun dalam keadaan kurang cahaya, karena akan menyebabkan noise. Noise adalah bintik-bintik kecil yang terdapat pada foto.


ISO


dengan mengkombinasikan dan menguasai  ketiga komponen ini, kalian akan dengan mudah mendapatkan gaya foto kalian sendiri. Dan dapat disimpulkan ketiga hal ini dapat diilustrasikan sebagai berikut.

demikian beberapa penjelasan yang dapat disampaikan semoga dapat bermanfaat, dan intinya terus keluar prakter dan terus praktek.
  



Comments

Popular Posts