pengertian wisata dan pariwisata: perbedaan definisi pariwisata dan wisata

Banyak dari kita termasuk saya mengenal istilah wisata dan pariwisata. Sering kita temukan kedua kata itu dibanyak tempat seperti tempat rekreasi, tempat wisata, atau bahkan di iklan-iklan seperti biro perjalanan wisata, paket wisata tour Pulau Komodo misalkan. Wonderful Indonesia pasri tidak asing ditelinga kita, itu merupakan brand pariwisata Indonesia. Sedangkan apa sebenernya maksud dan pengertian dari pariwisata dan wisata.


A. J. Burkart dan S. Malik dalam bukunya yang berjudul Tourism, Past, Present, and Future, berbunyi “Pariwisata berarti perpindahan orang untuk sementara dan dalam jangka waktu pendek ke tujuan-tujuan di luar tempat di mana mereka biasanya hidup dan bekerja, dan kegiatan-kegiatan merekaselama tinggal di tempat tujua itu” (dalam Soekadijo, 2000 : 3).
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pariwisata dilakukan dalam waktu yang singkat atau sementara, pengeritian pariwisata di perkuat oleh pernyataan Prof. Salah Wahab dalam bukunya An Introduction On Tourism Theory

Prof. Salah Wahab (dalam Yoeti, 1996: 114): Pariwisata adalah suatu aktifitas yang dilakukan secara sadar yang mendapat pelayanan secara bergantian diantara orang-orang dalam suatu Negara itu sendiri atau diluar negeri, meliputi pendiaman orang-orang dari daerah lain untuk sementara waktu dalam mencari kepuasan yang beraneka ragam dan berbeda-beda dengan apa yang dialaminya dimana ia memperoleh pekerjaan tetap.


Lalu apa perbedaan antara pariwisata dengan wisata? Disebutkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 dijelaskan dalam pasal 1 wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara. Sedangkan pariwisata dalam undang-undang pariwisata adalah Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, Pemerintah, dan Pemerintah Daerah.

                Demikian penjelasan singkat dari wisata dan pariwisata, semoga dapat menambah wawasan dan pengertian pembaca mengenai perbedaan keduanya. 

Comments

Popular Posts