Pariwisata Bondowoso: pesona bukit surga






Halo para traveller, perjalanan pertama pada tahun ini dimulai di Banyuwangi. Karena ini masih dalam suasana Idul fitri, kami seluruh jajaran(biar kelihatan punya banyak pegawai :D )penulis blog wisata dan fotografi mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. Pada long weekend kali ini akan digunakan untuk mengunjungi destinasi yang ciamik, yaitu Kabupaten Bondowoso. Bondowoso merupakan kabupaten yang sering di sebut dengan daerah tapal kuda, dinamakan tapal kuda karena Kabupaten Bondowoso tidak memiliki garis pantai sebab letaknya yang dihampit oleh Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Situbondo. Meskipun demikian Bondowoso memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki letak strategis.
Perjalanan pertama dimulai dari Kota Banyuwangi, dari Kota Banyuwangi akan berjalan menuju kawasan Kawah Ijen. Kawah Ijen menjadi perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso yang juga memiliki pemandangan yang mengagumkan dan cocok bagi para pendaki gunung serta fotografer landscape, gunung ini memiliki blue fire yang hanya ada dua di dunia dan salah satunya di Kawah Ijen Banyuwangi.
Kawah Ijen
Keindahan itu tidak dapat kami abadikan karena saat itu waktu pendakian sudah ditutup, para pendaki diperbolehkan mendaki saat jam 02:00 pagi dikarenakan adanya gas beracun. Jadi disarankan bagi para traveller untuk selalu mencari berita terkini mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi, demi keselamatan bersama. Tidak jauh dari tempat start pendakian Kawah Ijen, kita akan melewati destinasi baru yaitu kalipahit.
Kalipahit
jika dilihat dari namanya menggambarkan tempat itu merupakan sebuah sungai (kali: sungai dalam bahasa Jawa), namun jika masuk kedalaman maka akan terlihat menyerupai air terjun. Aliran air di Kalipahit ini mengandung belerang sehingga air disini berwarna kekuningan dan terdapat aroma belerangnya. Memasuki kawasan ini akan dikenakan biaya 3000 rupiah/orang, tidak perlu berjalan jauh untuk melihatnya karena air terjun ini tidak jauh dari tepi jalan Ijen-Bondowoso. Para pengunjung juga diperbolehkan mendaki ke atas air terjun ini, dari atas kita akan melihat keindahan alam dengan hutannya yang rindang.
Perjalanan pun dilanjutkan untuk mencari keindahan alam di Kabupaten Bondowoso, Kawah Wurung adalah nama destinasi selanjutnya. Saat ini Kawah Wurung menjadi tempat wisata yang lagi tren saat ini terutama dikalangan muda, Karena tempatnya yang photogenic serta menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Untuk menuju tempat wisata ini, para traveller akan melewati jalan yang di hiasi lereng-lereng gunung di kiri dan kanan jalan. 
 Lereng sepanjang jalan menuju Kawah Wurung
Selanjutnya kita harus melewati perkebunan kopi yang luas, alam yang asri disekitar membuat perjalanan jauh tak kan terasa lelah. Untuk para pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi tempat ini tidak perlu khawatir tersesat karena sudah terdapat plang penunjuk arah, pemukiman penduduk di dalam perkebunan kopi juga turut serta menambah estetika keindahan perjalanan menuju Kawah Wurung. Keindahan alam di sepanjang perjalanan membuat kita ingin berhenti di setiap jengkal jalan untuk mengabadikan moment dengan lensa kita, namun perjalanan yang kurang baik menjadi salah satu kendala dalam perjalanan ini.
Sesampai disana kita harus membayar biaya masuk kurang lebih 6000 rupiah, dari kejauhan pengunjung akan tempat tulisan Kawah Wurung di tepi lereng bak tulisan Hollywood di Los Angeles Amerika Serikat.
 lereng Kawah Wurung
 Untuk menikmati keindahan alam disini secara maksimal, para traveller harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki untuk mendaki Kawah Wurung. Setelah mencapai puncak Kawah Wurung, para traveller akan melihat perbukitan indah dibalik kawah ini seperti perbukitan dalam serial TV anak-anak teletubbies. Keindahan alam yang mengagumkan yang sayang untuk dilewatkan para traveller. Di kawasan ini juga terdapat beberapa warung yang menyediakan beberapa makanan ringan yang dapat dinikmati para traveller sembari menikmati kesejukan udara Kawah Wurung, terdapat pula fasilitas pendukung lainnya seperti toilet umum, dan musiklah serta tempat parkir yang luas.
 Kawah Wurung
Mungkin itu sedikit gambaran perjalanan kami menelusuri keindahan alam Banyuwangi dan Bondowoso, semoga bermanfaat bagi para traveller dan fotografer di Indonesia untuk mencari kawasan indah di Indonesia.

Comments